Kamis, 14 Januari 2016

organisasi dalam dakwah



Kamis 14 januari 2015
 
Dalam organisasi interaksi sesama anggota terkadang terjadi gesekan, salah satu contohnya dalam sebuah organisasi di dalam mesjid, didalam organisasi yang berlandaskan agama, yang beranggotakan pengajar dan aktivitis pejuang dakwah yang mendedikasaikan sebagian hidupnya untuk membangun peradaban umat islam yang lebih baik ke depan.
Image result for dakwahDengan memiliki tujuan yang sama untuk umat, pejuang dakwah ini rela membagi waktunya untuk membangun sebuah wadah (penampung) bagi anak-anak dan remaja agar menimba ilmu agama, karena dengan pemahaman dan pelaksanaan agama dalam kehidupan sehari-hari ini lah umat islam bisa bangkit kembali, seperti umat islam terdahulu.
Tujuan yang baik ini tak selamanya berjalan dengan lancar terbukti ada beberapa masalah yang terjadi, ada saja anggota yang keliru dengan melakukan kesalahan ia menyebarkan fitnah (menuduh) yang tidak-tidak pada rekan pejuang aktivis dakwah, pepatah mengatakan musuh dalam selimut.
Disinilah peran pemimpin dari sebuah organisasi harus melakukan tindakan, ia harus dengan bijak meredakan permasalahan yang ada ia harus mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan perseturuan yang terjadi dengan jalan berdiskusi dan mengambil langkah yang terbaik hasil dari diskusi .
Memang tidak mudah menjadi seorang pemimpin yang adil dan bijak, tak sedikit yang pro dan kontra, lingkungan di sekitar ingin jabatan ini karena dengan alasan-alasan dunia, ingin populer, ingin harta, dan lain-lain. Banyak sekali godaan-godaan yang harus di hadapi mau tak mau harus di lalui. Hanya dengan modal iman dan ilmu seorang pemimpin dapat melewati semua ujian dan tantangan yang ada di depan matanya dan tentunya dengan pertolongan Allah swt.
Terkadang dalam dakwah muncul sedikit perasaan ujub bangga diri, atas apa yang di capai dalam tujuan sebuah organisasi dan merasa berjasa.
Ini bisa terjadi pada siapa saja, bisa pemimpinnya atau anggotanya sekalipun, di perlukan kehati-hatian dalam ucapan, tindakan yang di lakukan dalam kehidupan keseharian.tidak melupakan juga terus iringi do’a di setiap langkah agar kelakuan tetap dalam rambu-rambu yang Allah ridhai minta agar tetap di bimbing dan selalu istiqomah melakukan hal apapun dengan dasar kebenaran dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan sunah Rasulullah saw, yaitu hadist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar